Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id – Sebagai wujud komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat utamanya nasabahnya, Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kabupaten Sumenep melakukan upgrade skill service pada semua karyawannya.
Dalam upayanya tersebut, BPRS Bhakti Sumekar Sumenep menghadirkan Muamalat Institute sebagai mitra pelatihan dalam program Training Service Excellent & How to Handling Complaint yang digelar di kantor pusat BPRS Bhakti Sumekar, Kabupaten Sumenep, pada 12–13 September 2025.
Direktur Utama PT BPRS Bhakti Sumekar, H. Hairil Fajar menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan ruang pengembangan diri bagi seluruh pegawai.
“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan dalam memberikan pelayanan yang excellent serta cara menangani komplain secara tepat. Harapannya, kualitas pelayanan kami kepada nasabah semakin maksimal,” ujarnya. Kamis (25/09/2025).
Semua front liner BPRS Bhakti Sumekar Sumenep diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, mulai dari teller, admin, customer service, hingga satpam. Mereka dibekali ilmu dan praktik langsung untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keterampilan dalam menangani keluhan nasabah.
Adapun materi yang diberikan terbagi dalam dua tahap.
Pada hari pertama peserta mendapatkan pembekalan seputar Basic Service Excellent, Standar Grooming & Greeting, Service Mindset & Service Attitude, hingga simulasi layanan (roleplay).
Sementara pada hari kedua, fokus pelatihan beralih ke keterampilan menangani keluhan, seperti Basic Handling Complaint, Understanding Complaint Factors, Communication Skill, Handling Complaint Solution, hingga praktik penanganan kasus nyata.
Muamalat Institute melalui akun Instagram resminya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini.
“Alhamdulillah, pelatihan Service Excellent dan Handling Complaint di BPRS Bhakti Sumekar telah terlaksana. Semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan diimplementasikan di lingkungan kerja,” tulis admin akun resmi Muamalat Institute. (Tiem)