Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep kembali toreh prestasi yang sangat membanggakan.
Dari hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) semester pertama tahun 2025 melalui platform SuKMa-e Jatim, RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep raih Angka Kepuasan Masyarakat (AKM) sebesar 90,20 persen.
‘Capaian ini menempatkan RSUDMA dalam kategori “pelayanan sangat baik”, sekaligus memperkuat reputasinya sebagai fasilitas kesehatan yang memberikan layanan cepat, ramah, dan profesional kepada masyarakat Madura,” ujar Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Erliyati.
Dijelaskan lagi olehnya, survei yang dilakukan secara digital melalui sistem SuKMa-e Jatim, sebuah platform terintegrasi milik Pemprov Jawa Timur, memungkinkan masyarakat memberikan penilaian secara langsung dan objektif terhadap kualitas layanan rumah sakit, tanpa intervensi dari pihak manapun.
“Survei dilakukan dengan memindai QR Code yang tersedia di setiap unit layanan atau melalui tautan yang dikirimkan via hotline pengaduan rumah sakit,” katanya pada Selasa, 14 Oktober 2025.
Survei ini hanya memerlukan identitas dasar dan jawaban atas sembilan pertanyaan utama terkait pelayanan. Tak hanya itu, masyarakat juga diberi ruang untuk menyampaikan kritik dan saran melalui kolom masukan yang disediakan dalam survei.
Sekalipun capaian AKM sangat tinggi, bukan berarti pihak RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep jadi terlena. Pihaknya terus lakukan evaluasi dan peningkatan mutu layanan secara menyeluruh di semua lini.
“Kami sadar, mempertahankan kepercayaan masyarakat jauh lebih sulit dari sekadar meraihnya. Karena itu, kami akan terus berbenah,” pungkasnya.
“Tujuan kami adalah menjadikan RSUDMA sebagai rumah sakit rujukan utama di Madura, agar masyarakat tak perlu lagi bepergian jauh untuk mendapatkan layanan kesehatan berkualitas,” pungkas Erliyati.
Adapun, keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, yang secara konsisten mendorong peningkatan pelayanan publik, khususnya di sektor kesehatan.
Di bawah arahannya, RSUDMA terus bertransformasi menjadi pusat layanan kesehatan yang modern, responsif, dan berorientasi pada kepuasan pasien. (Tiem)